Janji Pasien hubungi +628119141419 sms / Whatsapp BedahMulut.os@gmail.com

proses-pasang-implan-gigi-jpg

Berikut  ulasan sederhana mengenai langkah-langkah umum dalam pemasangan gigi palsu permanen atau sering di sebut implan gigi ataupun tanam gigi 

 

Pengertian dari implan gigi secara umum

Implan gigi atau tanam gigi adalah sebuah sekrup titanium yang ditanam kedalam tulang rahang yang mana titanium tersebut berfungsi untuk menggantikan fungsi akar gigi sebagai pondasi sebuah gigi. Penanaman dilakukan di tulang rahang atas atau bawah pada titik tertentu yang telah di rencanakan. Implan gigi dapat mengganti satu gigi yang lepas, sebagian gigi atau semua gigi yang lepas. Implan memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan gigi asli, di design sedemikian rupa hingga terdapat satu bagian yang teytanam di dalam gusi / tulang dan ada yang muncul di permukaan gusi, yang nantinya akan di pasang mahkota gigi hingga menyerupai gigi asli.

 

Langkah Pertam1a :

Pemasangan Implan Gigi kedalam tulang

Ahli bedah mengangkat jaringan gusi dan meletakkan fixtura ke dalam tulang rahang. Gusi dikembalikan ke posisi semula dan dijahit. Tidak terdapat rasa sakit yang berlebihan setelah prosedur ini, karna sebelum proses penanaman terlebih dahulu diberikan anastesi lokal.

 

2Langkah 2 :  

Periode Osteointegrasi

proses ini akan memakan waktu sekitar 3-4 bulan, tubuh akan beradaptasi dengan benda asing (bahan implan titanium) hingga tulang akan menempel dengan sendirinya pada fixtura implan gigi yang telah ditanam. Proses ini disebut osteointegrasi. terkadang dipasang gigi tiruan sementara agar tidak mempengaruhi penampilan.

 

3Langkah 3 :

Memasang Abutment (penyangga)

Apabila proses osteointegrasi telah selesai, ahli bedah akan memasang abutment. Abutment adalah suatu perangkat implan gigi yang fungsinya menutupi gusi dan menyangga gigi palsu.

 

4Langkah 4 :

Pemasangan Gigi Palsu

Apabila langkah 1, 2, dan 3 sudah selesai dengan sempurna maka dokter gigi akan menempelkan mahkota gigi yang biasanya terbuat dari porselein.

demikian proses atau langkah-langkah pemasangan implan gigi, namun proses tersebut tidak berhenti sampai disini, karna keberhasilan implan gigi yang sempurna tertanam di rahang tergantung oleh operato yaitu dokter gigi dan pasien. Sebagaimana halnya gigi asli, implan gigi pun memerlukan perawatan, yaitu dengan menjaga kebersihan sekitar implan, sikat gigi secara teratur, kontrol 6 bulan sekali ke dokter gigi anda. Pada umumnya perawatan Implan gigi sama dengan merawat gigi asli.