Janji Pasien hubungi +628119141419 sms / Whatsapp BedahMulut.os@gmail.com

1037065shutterstock-4-7512780x390

Mempunyai gigi bungsu yang tumbuh secara tidak wajar terkadang menjadi dilema bagi sebagian orang, apalagi jika pertumbuhannya terhambat hingga masih tertanam di dalam tulang gusi. Tentunya ada banyak pertanyaan mengenai masalah tersebut yang membuat kita was was karena ketidaktahuan mengenai gigi bungsu. 

Berikut beberapa pertanyaan dari Pasien mengenai gigi bungsunya. Gigi bungsu saya masih tertanam di dalam dan tidak sakit apakah harus segera di operasi ? bagaimana kalau tidak di angkat? apakah membahayakan gigi yang lain? lalu kapan sebenarnya gigi bungsu itu harus di angkat / operasi ?

Untuk gigi bungsu yang tumbuh sempurna tidak bisa disama ratakan kasusnya, gigi bungsu yang tertanam akan  bergerak perlahan, pergerakannya berbeda untuk tiap orang, Namun tidak  semua gigi bungsu mesti di angkat, jika “si bungsu tidak menimbulkan keluhan, terutama dalam usia pertumbuhan maka operasi pengangkatan bisa di tunda. Sebaiknya jangan di tunda operasi bila sudah berkali kali nyeri, terlebih jika ditemukan adanya abses. Minum obat mungkin bisa menghilangkan nyeri sementara, namun jika terus menerus minum obat akan merusak organ tubuh lainnya.

Pengangkatan sangat di perlukan bila pertumbuhan gigi bungsu tidak normal yang menyebabkan kelainan periodontal antara gigi bungsu dan gigi sebelahnya. Operasi dilakukan untuk mencegah kerusakan tulang yang lebih parah.

Selain itu pengangkatan gigi bungsu bisa dilakukan atas atas indikasi perawatan orthodontik dan bedah orthogenatik, seperti gigi yang miring dan menekan gigi sebelahnya yang jika tidak di operasi  akan menyebabkan susunan gigi lainnya akan tidak teratur.

 

Tindakan yang sama juga bisa dilakukan karna alasan pencegahan fokal infeksi, seperti kelainan katup jantung, bakterial endokardiotis, transplantasi organ, kemoterapi radio terapi dll.